Kepemimpinan (Gaya Kepemimpinan)

           Kepemimpinan adalah suatu kegeiatan yang dapat mempengaruhi atau memberikan contoh yang pada setiap bawahannya untu mencpai tujuan bersama dalam organisasi. Kepemimpinan ini bisa mencakup dengan seorang seniman, pengrajin, pengusaha, atau praktisi. Dan seseorang yang memimpin kepimpinan ini diharapkan menjadi bagian dari peran penting untuk memberikan pengajaran dan contoh-contoh pada bawahannya.
         Ada juga yang disebut dengaan kepemimpinan karismatik, menurut Max Weber seorang sosiologi dia mendefinisikan karisma yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti anugerah  sebagai “suatu sifat dari seseorang yang membedakan mereka dari orang kebanyakkan dan bisanya dipandang sebagai kemampuan atau kualitas supernatural atau manusia super atau paling tidak daya-daya istimewa. Kemampuan-kemapuan seperti itu dimiliki oleh orang biasa, tetapi dianggap sebagai kekuatan yang bersumber dari Ilahi dan berdsarkan hal ini seseorang dianggap seorang pemimpin”. Jadi kalau menurut saya kepemimpinan karismatik itu ialah kepemimpinan yang didalam dirinya memiliki daya tarik tersendiri atau memiliki sesuatu yang tidak dimiliki orang lain sehingga menurut seseorang yang melihatnya orang tersebut memliki karismatik tersendiri untuk menjadi seorang pemimpin.
Pengertian Kepemimpinan Menurut Para ahli      
Menurut Tead; Terry; Hoyt (dalam Kartono, 2003) Pengertian Kepemimpinan yaitu kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.
Menurut Young (dalam Kartono, 2003) Pengertian Kepemimpinan yaitu bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan pribadi yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu yang berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya, dan memiliki keahlian khusus yang tepat bagi situasi yang khusus.
Dari beberapa defini diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai mcam versi penejlasan tentang kepemimpinan itu sendiri. Disni kita akan menjelaskan macam-macam gaya kepimpinan yang sering kita dengar yaitu:
  • Gaya kepemimpinan demokratis

Gaya pemimpin ini ialah gaya yang memberikan kewenangan secara bebas untuk bawahannya. Dalam gaya pemimpin ini jika terjadi masalah dalm perusahaan pasti pemimpin selalu mengikutserkana bawahannya untuk menyelesaikan masalah tersebut dan membentuk sebuat tim yang kompak. Gaya pemimpin ini juga lebih cenderung untuk lebih banyak memberikan informasi tugas dan tanggung jawab.
  • Gaya kempemimpinan otoriter

Gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusannya dan kebijakannya diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Dalam pembagian tugasnya gaya pemmpin ini pemimpin bertanggung jawab penuh atas semua masalh yang terjadi dalam perusahaan tetapi bawahannya hanya akan melaksanakan tugasnya saja.
  • Gaya kepemimpinan bebas

Gaya pemimpin lebih menjurus ke pemimpin hanya terlibat dalam maslah kecil sedangkan para bawahannya yang menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang dihadapi. Jadi gaya kepemimpinan seperti ini tidak melihat atau tidak ada aturan tentang seorang pemimpin dan seorang bawahan.
  •  Gaya kepemimpinan Autokratis

Gaya kepemimpinan yang menggunakan cara kekuasaan untuk mencapai keputusan dan pengembangan strukturnya sehingga dalam gaya kepemimpinan ini kekuasaanlah yang paling menguntungkan dan banyak mengambil alih perusahaan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar