Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran


A. Pengertian Penawaran
Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu. Teori permintaan yaitu analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menemukan permintaan, dan bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi keseimbangan.

Kurva permintaan individual adalah suatu kurva yang menunjukkan jumlah-jumlah suatu barang untuk setiap satuan waktu oleh seorang konsumen yang ingin membeli pada berbagai harga satuan barang tersebut.
Contoh : Permintaan adalah di Pasar Senen yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot.

B.  Pengertian Permintaan
Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu atau keadaan keseluruhan dari hubungan antara harga dan jumlah penawaran. Teori Penawaran yaitu analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menentukan penawaran dan bagaimana faktor-faktor ini akan menentukan keseimbangan dan perubahan keseimbangan di pasar.
Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah yang ditawarkan produsen/penjual, kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga.

C.  Pengertian Hukum Permintaan
Hukum permintaan berbunyi: “Apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan”. Dalam hukum permintaan jumlah barang yang diminta akan berbanding terbalik dengan tingkat harga barang. Kenaikan harga barang akan menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang diminta, hal ini dikarenakan naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan dan naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah.

D. Pengertian Hukum Penawaran
Hukum penawaran berbunyi: “Bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun”. Dalam hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat harga, di hukum penawaran hanya menunjukkan hubungan searah antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.
            Disini kita tidak hanya menejlaskan tentang pengerti – pengertian dari permintaan atau juga hukum permintaan. Teteapi disini kita juga menjlaskan tentang faaktor – faktor peemintaan. Berikut adalah faktor-faktornya :
  • Selera konsumen itu maksudnya sama seperti keinginan atau maunya kita dalam memilih atau mencari barang yg sesuai dengan yang kita suka atau yg kita inginkan atau yg sesuai dengan selear kita bagaimana. Misalkan : kita pergi kesuatu toko elektronik dan disana kita mencari suatu barang yg kita inginkan. Tidak semua selera konsumen itu sama.
  •  Pendapatan konsumen itu maksudnya biaya pendapatan yang kita punya untuk membeli atau mencari barang sesuai selera kita. Semakin tinggi biaya pendapatan kita semakin besar pula peluang atau keinginan untuk membeli barang yg kita mau. Misalkan : kita ingin membeli mesin cuci dengan pendapat biaya yg cukup besar sehingga kita dapat membeli barang lainnya.
  • Harga barang/jasa pengganti maksudnya itu pastinya jka kita ingin sebagai konsumen inginnya mencari barang-barang yg murah meriah untuk medapatkan barang seperti itu kita bis cari barang yg sedang mengedakan discount atau bazar. Misalkan : kita ingin belanja baju atau celana yang murah meriah lalu kita mencari baju tersebut tetapi kita harus mencari baju yang mengadakan discount atu turun harga.
  •  Perkiraan harga di masa depan maksudnya kita harus bisa memperkirakan harga-harga yang akan kita beli di masa depan sudah naik atau belum. Misalkan : ibu-ibu ingin membeli sayuran, kemudian ibu-ibu mencari tahu dahulu apakah sayuran tersebt sudah naikatau belum jika belum barulah dia bisa membeli sayuran tersebut. 
          Banyaknya kebutuhan konsumen bila suatu barang atau jasa sangat dibutuhkan secara mendesak dan dirasakan pokok oleh konsumen, maka jumlah permintaan akan mengalami peningkatan. Contoh: kebutuhan akan bahan pokok beras, konsumen bersedia membeli dalam jumlah harga tinggi.Kemudian setelah kita menjelaskan tentang faktor-faktor permintaan selanjutnya kita beralih untuk menjelaskan faktor-faktor penawaran, yaitu :
  •  Biaya produksi maksudnya harga bahan baku yang semakin mahal sedikit demi sedikit akan mengakibatkan melonjaknya biaya produksi dan dapat juga membuat para produsen menjual barang produksinya lebih mahal. Misalkan : kita membeli minuman disebuah agen, tetapi karna minuma itu naik harganya otomatis minuman tersebut dijual kembali oleh produsen dengan harga yg lebih tinggi atau 2 kali lipat.
  • Tekonologi maksudnya semakin tinggi kemampuan telknoloi maka semakin tinggi pula peningkatan penjualan atau juga pembelian yang terjadi. Misalkan : kita membeli sebuah baju dalam bentuk teknologi yaitu menguanak usaha online sehingga lebih mudah dan praktis.
  • Pajak maksudnya Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun. Misalkan : pajak untuk membayar sewa ruko
  • Tujuan perusahaan maksudnya itu ialah pastinya perusahaan mempunya tujuan untuk mencari keun tungan sebesar-besarnya. Tetapi jika dia ingin mendapat keuntungan yang besar dia harus merendahkan harga baran-barang yang akan dia keluarkan agar konsumen banyak yang tertarik. Misalkan : menjual harga kue dengan harga yang sangat standart sehingga banyak konsumen yang menyukainya.
  • Prediksi maksudnya ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai factor. Misalkan : sebelum membeli barang yang kita inginkan lebih baik kita prediksi harga jual yang meningkat bagaimana.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar