Analisis perilaku konsumen pada pembelian produk telepon seluler.

            Perkembangan telepon seluler (handphone), telah berkembang pesat. Banyak orang-orang yang telah memilki produk ini. Produk ini menjadi produk penting bagi masyarakat bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi mereka, oleh karna itu produk ini banyak berkembang pesat dipasaran. Hal ini mendorong perusahaan yang berada dibidang komunikasi tersebut atau perusahaan yang membuat telepon seluler tersebut dari perusahaan dengan merek-merk telepon seluler yang terkenal sampai tidak terlalu terkenal untuk berlomba-lomba mengembangkan telepon seluler itu menjadi telepon seluler yang modern.  
            Pembelian telepon seluler oleh konsumen pertama di lakukan terlebih dahulu melalui tahap proses keputusan pembelian. Pada tahap pengenalan kebutuhan sebagian besar konsumen menyatakan bahwa mempermudah komunikasi merupakan motivasi atau alasan utama mereka dalam membeli telepon seluler. Kegunaan utama yang di cari sebagian besar oleh konsumen pada saat membeli telepon seluler adalah untuk kegunaan ( fungsional ) yaitu sebagai alat komunikasi mobile ( bergerak ) yang praktis, dan mudah di bawa kemana saja, setelah faham pentingnya kebutuhan telepon seluler, konsumen akan melakukan tahap pencarian informasi, sebagian besar konsumen menyatakan bahwa sumber informasi mereka dapatkan dari teman dan banyak di pengaruhi media cetak dan aspek yang paling di cari dari informasi itu adalah tentang fitur-fitur yang ada dalam telepon seluler itu. Pada tahap evaluasi alternative yang menjadi pertimbangan utama konsumen untuk melakukan pembelian adalah harga kemudian mengidentifikasi telepon seluler berkualitas atau tidak dengan melihat dari fitur-fitur yang ada. Setelah melakukan tahap evaluasi alternative, barulah konsumen melakukan proses pembelian. 
            Setelah tahap yang telah dilakukan oleh konsumen berikutnya sampai ke tahap evaluasi pasca pembelian, dimana para konsumen mengevaluasi apakah produk yang mereka peroleh dari pembelian tersebut memuaskan atau tidak. Evaluasi konsumen tidak hanya dilahat atau terfokus pada atribut produk saja tetapi juga ada factor lain seperti segmen pasar yang dituju, lokasi atau factor budaya. Karena biasanya konsumen lebih memilih tempat pembelian produk yang terjamin dan terkenal mereknya.
            Usaha untuk merebut segmen pasar harus selalu di lakukan dan di perbaharui. Untuk itu perusahaan penting untuk lebih mengenal konsumen dan berupaya memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap produk telepon seluler. Hal ini di lakukan demi  perusahaan itu sendiri. Oleh karenanya pemasar yang baik harus dapat memperhatikan hal ini, sebab dalam proses pembelian konsumen mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam menentukan terjadinya suatu transaksi pembelian. Konsumen secara kuat di pengaruhi oleh faktor budaya, social, pribadi, psikologis.

Sumber : http://mirnawati27.blogspot.com/2012/11/perilaku-konsumen-dan-contoh-kasus.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar